Senin, 12 Maret 2018

TUGAS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM I

 1. Apa itu sistem ?
           Definisi Sistem Sistem adalah kumpulan / group / komponen apapun baik phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu. Terdapat dua kelompok pendekatan didalam mendefinisikan system, yaitu yang menenkankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan system yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan system.
Suatu Sistem adalah suatu jaringan kerja dari procedure-prosedure yang saling berhubungan.
2.Karakteristik Sistem
    a. Komponen Sistem (Components) Suatu system terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen system atau elemen-elemen system dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari system.
 
    b. Batas Sistem (Boundary) Merupakan daerah yang membatasi antara suatu system dengan system yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Input D Out Put Batas sistem C A B Sub Sistem Lingkungan eksternal Hirarki Sistem Hubungan Sistem ( interface ) Lingkungan internal 2014 5 Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Modul 01 Pusat Bahan Ajar dan eLearning Team Dosen http://www.mercubuana.ac.id Atau menuruta Azhar Susanto Batas Sistem merupakan garis abstraksi yang memisahkan antara system dan lingkungannya. Batas system ini bagi setiap orang sangat relative dan tergantung kepada tingkat pengetahuan dan situasi kondisi yang dirasakan oleh orang yang melihat system tersebut
 
    c. Lingkungan Luar Sistem (Environments) Lingkungan luar dari suatu system adalah apapun diluar batas dari system yang mempengaruhi operasi system. Lingkungan luar system dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan system tersebut.

    d. Penghubung (Interface) Sistem Penghubung system merupakan media penghubung anatara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumbersumber daya mengalir dari satu subsistem ke yang lainnya.

    e. Masukan (Input) Sistem Masukan system adalah energi yang dimasukkan kedalam system. Masukan dapat berupa masukan perawatan maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).

    f. Keluaran (Output) Sistem Keluaran system adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikan menjadi keluaran yang berguna dan sisi pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supersistem

3.Syatat-Syarat Sistem
   a.sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan
   b.elemen sistem harus mempunyai rencana yang di tetapkan
   c.adanya hubungan atara elemen sistem
   d.tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar